Perpani Purworejo Siapkan Atlet untuk Kejurprov

panahan
PIAGAM : Penyerahan piagam Kejurkab Panahan di lapangan SMPN 23 Purworejo, oleh Ketua Perpani Purworejo, MGS Sukusyanto.

BAYAN-Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Purworejo menggelar kegiatan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Panahan 2024 untuk Kelompok Umur, Minggu (19/5/2024) di lapangan SMPN 23 Purworejo. Ajang ini juga sekaligus dalam rangka mempersiapkan atlet untuk maju ke Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jawa tengah.

“Kejurkab Panahan ini diikuti 72 peserta, terdiri dari 39 peserta putri dan 33 peserta putra dari tiga kelompok usia, KU-13, KU-15 dan KU-18,” kata Sukusyanto, di lokasi Kejurkab.

Disampaikan oleh Sukusyanto bahwa setiap tahun dari Perpani selalu melaksanakan Kejuaraan Kabupaten. Untuk tahun 2024 ini Kejurkab diperuntukkan kelompok usia (KU), yakni KU-13 dengan jarak tembak 20 meter, KU-15 dengan jarak tembak 30 meter dan KU-18 dengan jarak tembak 40 meter.

“Kita mengacu untuk kejuaraan provinsi (Kejurprov) Jateng yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Mei hingga 2 Juni 2024. Ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi menuju Kejurprov,” ungkap Sukusyanto

Tahun ini, kata Sukusyanto, yang diberangkatkan ke Kejurprov adalah yang memenuhi target dengan limit score.

“Untuk KU-13 limit scorenya 300, KU-15 limit scorenya 290 dan KU-18 limit scorenya 290. Yang dikirim ke Kejurprov, empat putra dan empat putri untuk masing-masing kelompok usia, dengan total peserta ada 24 orang. Jika dalam satu kelompok usia baik putra ataupun putri yang memenuhi limit score lebih dari empat, maka yang diambil empat peserta dengan score limit tertinggi,” katanya.

Namun, lanjutnya, jika tidak ada yang memenuhi limit score dari masing-masing kelompok umur, maka Perpani purworejo tidak akan mengirimkan atlet. “Kalaupun ada yang mau ikut, silahkan, tetapi secara mandiri,” terang Sukusyanto.

Para pemenang dari Kejurkab ini akan mendapatkan piala dan piagam. Piagam juga diberikan kepada semua peserta. Adanya Kejurkab ini, juga sebagai ajang persiapan pra Porprov tahun 2025. Ajang ini juga untuk penjaringan bakat dan mengetahui sejauh mana prestasi yang diraih para atlet untuk kejuaraan yang akan datang.

Di akhir kompetisi, diketahui di KU-13 putri terdapat 4 atlet yang memenuhi limit score. Sementara KU-13 putra terdapat 2 atlet yang memenuhi limit score. Untuk KU-15 putra dan KU-15 putri masing-masing terdapat 3 atlet yang memenuhi limit score. Sedangkan untuk KU-18 putra dan KU-18 putri tidak ada yang berhasil memenuhi limit score.

Di sisi lain, kata Sukusyanto, untuk pertama kalinya Kabupaten Purworejo mengikuti Porprov Panahan pada tahun 2009 dengan mengirimkan hanya satu atlet atas nama Ari W, tetapi belum mendapatkan medali yang diharapkan. Prestasi terbaik dari Panahan ini saat Porprov pada tahun 2013 di Banyumas dan 2018 di Solo dengan mendapat medali emas.

“Untuk perkembangan olahraga Panahan di Kabupaten Purworejo saat ini terus menggeliat, semakin banyak digemari,” kata Sukusyanto. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test