Hadapi Pilbup, Anggota Panwascam Kemiri Baru Semua

bawaslu purworejo
CALON : Anggota Bawaslu Purworejo melakukan wawancara terhadap calon anggota Panwascam disaksikan Komisioner Bawaslu Jateng.

PURWOREJO-Kecamatan Kemiri menjadi satu-satunya kecamatan yang akan memiliki anggota Panwascam baru untuk menghadapi Pilbup Purworejo 2024. Tiga anggota Panwascam yang mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 lalu tidak bisa mendaftakan kembali karena berbagai sebab.

Sedangkan Kecamatan Purworejo, Bener dan Ngombol, anggota Panwascam lama tetap dipertahankan karena berdasarkan evaluasi yang dilakukan Bawaslu Purworejo mereka memenuhi syarat. Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Purworejo, Purnomosidi disela wawancara calon anggota Panwascam yang diadakan di Hotel Sanjaya Inn, Senin (20/5/2024).

“Diluar Kecamatan Kemiri, Purworejo, Ngombol dan Bener, peserta wawancaranya juga bervariasi. Karena masih ada sebagian anggota Panwascam yang memenuhi syarat untuk melanjutkan tugasnya di Pilbup Purworejo,” kata Purnomosidi.

Baca juga : KPU Luncurkan Maskot dan Jingle Pilbup 2024

Disebutkan untuk wilayah Kecamatan Kaligesing, Purwodadi, Butuh, Pituruh dan Gebang hanya ada 1 anggota lama yang memenuhi syarat. Sementara Kecamatan bagelen, Banyuurip, Bayan, Kutoarjo, Grabag, Bruno dan Loano memiliki 2 anggota yang memenuhi syarat.

“Mereka yang melakukan wawancara itu 2 kali dari kebutuhan. Misalnya Kaligesing yang hanya punya 1 anggota memenuhi syarat, berarti kan butuh 2 orang lagi. Kebutuhannya itu dikalikan 2 berarti yang ikut wawancara 4 orang,” jelasnya.

Dari data yang ada tersebut, total anggota Panwascam di Purworejo yang dipertahankan ada 28 orang. Adapun peserta wawancara sebanyak 40 orang dan nanti akan dipilih menjadi Panwascam sebanyak 20 orang.

“Mereka yang terpilih ini nanti akan diumumkan pada 23 Mei mendatang,” ungkap Purnomo.

Proses wawancara yang dilakukan Bawaslu Purworejo ini sendiri mendapat perhatian dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Purworejo disebut memiliki peserta wawancara relatif banyak.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jawa Tengah, Sosiawan yang melakukan supervisi wawancara calon anggota Bawaslu di Purworejo mengungkapkan beberapa daerah di Jawa Tengah yang melakukan wawancara denganjumlah peserta banyak memang jadi sorotan Bawaslu Provinsi.

“Seperti di Purworejo ini, ada kecamatan yang calon anggotanya Panwascam itu baru semua. Ini menjadi tantangan bagi kita bersama,” kata Sosiawan.

Pihaknya memang berharap anggota Panwascam yang ada memang seharusnya sudah memiliki pengalaman di Kepemiluan. Hal ini dilakukan mengingat, tahapan Pilkada sudah berjalan, dimana Panwascam terpilih nanti harus langsung bekerja.

“Tidak hanya di Purworejo, tapi ada daerah lain yang memiliki hal serupa. Tidak ada perlakuan khusus bagi mereka yang benar-benar baru ini, karena dari bimtek, orientasi dan lainnya semuanya akan sama,” tambahnya.

Pihaknya meminta kepada Bawaslu kabupaten/kota juga memberikan perhatian bagi anggota di kecamatan yang semuanya baru, sehingga fungsi pengawasan akan bisa berjalan dengan baik. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test