Seratusan Lansia di Kledung Karangdalem Unjuk Kreativitas

lansia
LUN : Seratusan Lansia antusias memperingati HLUN dengan senam bersama dan unjuk kreativitas di kawasan kantor kelurahan Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip
PURWOREJO-Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei disambut dengan beragam aktivitas menggembirakan oleh kelompok masyarakat Lansia di Kelurahan Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, Sabtu (25/5).

Peringatan HLUN ke-28 Tahun 2024 Tingkat Kelurahan Kledung Karangdalem diawali dengan senam bersama yang diikuti lebih dari 150 orang Lansia di halaman kantor kelurahan. Mereka yang berasal dari 4 wilayah rukun warga (RW) selanjutnya diajak unjuk diri melalui berbagai tampilan kreativitas seperti menyanyi dan baca puisi, sebelum acara puncak pemotongan tumpeng di ruang aula. Ada pula skrining kesehatan oleh petugas Puskesmas Pembantu wilayah Kledung Karangdalem serta penyuluhan kesehatan oleh Kepala Puskesmas Banyuurip, dr Halawiah MSc. 

Bidan Wilayah Kledung Karangdalem, Tanti Andayaningsih AMKeb, menyebut HLUN atau yang dikenal dengan Hari Lansia Nasional tahun ini mengangkat tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat". Relevan dengan tema itu, kegiatan yang digelar di tingkat kelurahan diarahkan untuk merawat harapan hidup demi kemartabatan Lansia melalui beberapa aktivitas menyenangkan.

"HLUN rutin kita gelar. Tahun-tahun sebelumnya di salah satu Posyandu Lansia RW, tapi kali ini berbeda di kantor kelurahan dengan kemasan acara yang berbeda juga," sebutnya.
Baca Juga : Puluhan Warga Dicek Kesehatan saat Hadiri Halalbihalal di Kledung Karangdalem

Menurutnya, ada lebih dari 200 orang Lansia di wilayah Kledung Karangdalem. Sebagian besar di antaranya memiliki kesadaran tinggi terkait kesehatan dan keberlanjutan hidup yang dibuktikan dengan aktif mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam Posyandu Lansia  tiap bulan. Sebagian besar juga telah memiliki jaminan kesehatan JKN-KIS. 

Kendati demikian, perhatian harus terus diberikan mengingat Lansia rentan disepelekan oleh keluarga dan masyarkatnya.

"Nah, salah satu tujuan peringatan HLUN ini untuk memberikan perhatian kepada para Lansia. Usia Lansia rentan disepelekan karena tidak produktif sehingga perlu kita lindungi," katanya.

Digelarnya HLUN dan tingginya antusias para Lansia mendapat apresiasi khusus dari Lurah Kledung Krangdalem. Menurutnya, HLUN menjadi momentum bagi semua elemen masyarakat untuk menunjukkan penghormatan sekaligus keberpihakan terhadap  orang tua atau kelompok masyarakat Lansia.

"Kegiatan dengan situasi yang menyenangkan seperti ini memberikan motivasi. Dengan demikian kita juga bisa mewujudkan angka harapan yang ditetapkan pemerintah yakni 74 tahun," terangnya. (ndi) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test