Kembali Digelar, Peserta Kontes Kambing Kaligesing Terus Meningkat

kontes kambing
HADIAH : Pemberian hadiah berupa trophi dan uang pembinaan secara simbolis kepada para pemenang kontes.

PURWOREJO- Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo kembali digelar. Animo peserta dalam even tahunan ini terus mengalami peningkatan.

Kontes tahun 2004 kali ini digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan) Kaligesing, Selasa (4/6). Tercatat 250 peserta mengikuti kontes kali ini.

Kontes yang mengambil tema “Elegansi dan Tradisi” tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi, Staff Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Nurfiana, Kabag Perekonomian Setda Anggit Wahyu Nugroho, Plt Camat Kaligesing Agung Supriyanto dan Camat Bagelen Sigit Kurniawan Saputro.

Turut hadir dalam acara, Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Perlindungan Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Jayadi, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfostasandi Neira Anjar Pujisusilo dan Forkopimcam Kecamatan Kaligesing.

“Kontes Kambing Kaligesing ini bukan hanya ajang untuk menunjukkan kualitas terbaik dari kambing saja, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi antar peternak, pecinta kambing dan masyarakat,” ucap Nurfiana, Staff Ahli Bupati Bidang Ekobang dalam sambutannya.

Lebih lanjut Nurfiana menjelaskan bahwa kambing memiliki nilai historis dan ekonomi yang sangat tinggi bagi masyarakat Purworejo, khususnya Kaligesing karena sudah terkenal akan kualitas kambingnya yang unggul.

“Melalui kontes ini kita mengingatkan diri kita akan pentingnya menjaga dan merawat warisan nenek moyang yang telah menjadikan kambing Kaligesing sebagai salah satu ikon daerah,” tandasnya.

Selaras dengan pernyataan Nurfiana, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi mengatakan, acara ini adalah salah satu upaya untuk menjaga tradisi karena kambing peranakan etawa atau ras Kaligesing telah menjadi tradisi turun temurun.

“Harapannya ini bisa kita jaga dan juga tentunya menjadi alat untuk nilai tambah ekonomi di Kabupaten Purworejo dan khususnya di Kecamatan Kaligesing”, harapnya.

Ketua Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (Perkanas), Mukhsin, mengatakan bahwa penilaian untuk kontes Kambing Kaligesing kali ini terbagi dalam 5 kelas dengan 11 kriteria penilaian.

“Terdapat 5 Kelas yaitu Kelas A, B, C, D dan E, setiap kelas dibedakan menurut usia kambingnya. Selain itu juga terdapat 11 kriteria penilaian, mulai dari telinga, kepala, tanduk, leher, gelambir, pola warna, postur, bulu, ekor, kaki, sampai alat reproduksinya,” jelasnya.(nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test