Mencicipi Makanan nDeso Berbalut Kedamaian di Cacaban Kidul

BENER-Suntuk dengan keseharian kehidupan di perkotaan, berkunjung ke Desa Cacaban Kidul Kecamatan Bener bisa menjadi pilihan. Akan lebih merasakan sensasi lagi, bermalam barang sehari juga layak dipertimbangkan.

Ya, desa yang menjadi satu dari 54 desa wisata di Purworejo ini memiliki tempat yang eksotis dan masyarakat yang ramah serta alam pedesaan yang damai dan sejuk.

Ada sebuah homestay yang ditawarkan dengan harga terjangkau untuk lokasi bermalam. Aneka makanan lokal akan disajikan bagi mereka yang memanfaatkannya.

Penganan dengan bahan dasar ketela pohon mulai dari klemet, emplang, combro tersedia lengkap. Belum lagi lanting ataupun krupuk gadung aneka warna juga disediakan.

“Akan lebih lengkap lagi jika bermalam pas hari pasaran di Pon dan Kliwon. Banyak makanan yang tersedia dan dibeli dengan harga merakyat,” kata Jumadi, Ketua Deswita Cacaban Kidul, Kamis (6/6/2024).

Menurut Jumadi, penginap yang datang di Cacaban Kidul saat hari pasaran itu akan diajak berbelanja sendiri di Pasar Joho yang ada di desa setempat.

“Jaraknya tidak jauh dari lokasi homestay. Sekitar 1,5. Cukup berjalan kaki sambil menikmati alam pedesaan,” imbuh Slamet.

Rumah homestay yang ada pun amat representatif. Ada beberapa kamar yang disediakan. Fasilitas kamar mandi juga bersih. Dapurnya ada yang khas pedesaan dimana masih memanfaatkan tungku tradisional atau Luweng. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test