Perkuat Mental Siswa, SMK TKM Gandeng Kodim 0708

smk tkm purworejo
MENTAL : Anggota Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM Purworejo mengikuti perkemahan penguatan mental dengan pembimbing dari Kodim 0708 Purworejo.

BENER-Sebanyak 372 siswa SMK TKM Purworejo mengikuti penggembelengan mental dalam kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika. Kegiatan ini dilaksanakan di hutan pinus Bukit Besek Desa Guntur, Kecamatan Bener, Senin (10/6/2024).

Penguatan mental para siswa ini dilakukan langsung oleh anggota TNI AD dari Kodim 0708 Purworejo.

Kepala SMK TKM Purworejo, Ki Joko Purwo Setiyono mengatakan bahwa kegiatan itu sudah rutin dilakukan karena pihaknya sudah bekerjasama dengan Kodim Purworejo.

“Kegiatan ini untuk melatih dan meningkatkan kedisiplinan serta karakter siswa,” kata Joko Purwo.

Dijelaskan, total 372 siswa itu terdiri dari 61 siswa kelas X dan 311 siswa Kelas XI. Kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari hingga Selasa (11/6/2024), dan juga akan diisi dengan kegiatan bakti sosial berupa bersih lingkungan dan pembagian paket sembako.

“Pemilihan tempat (Bukit Besek) dengan alasan banyak siswa yang berasal dari wilayah Kecamatan Bener, selain itu memang setiap kegiatan sengaja dilakukan berpindah agar tidak bosan, kalau biasanya di bukit perkemahan puntuk atau Heroes Park Purworejo,” jelasnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0708/Purworejo, Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo menegaskan, pihaknya sebagai gugus depan Saka Wira Kartika sudah menjalin hubungan atau kerjasama dengan SMK TKM Purworejo dalam kegiatan kepramukaan.

“Kali ini kami diminta yayasan Taman Siswa untuk melatih anak-anak, ya melatih kepemimpinan dan krida-krida lainnya, intinya pembinaan karakter dan kedisiplinan generasi muda termasuk menanamkan sikap bela negara yang terbaik bagi siswa,” tegasnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting bagi generasi muda khususnya siswa SMK TKM untuk menyaring pengaruh arus globalisasi yang begitu masif dewasa ini. Terlebih dalam Saka Wira Kartika memiliki 5 krida yang cukup pas diberikan dengan disesuaikan level siswa SMK.

“Jadi ada lima krida di Saka Wira Kartika, diantaranya ada kecakapan mountaineering, navigasi darat (Navrat) yang selama ini digunakan oleh TNI AD, intinya kami ingin memompa semangat juang generasi bangsa ini agar pantang menyerah menghadapi situasi, sikap kepemimpinan, kekuatan karakter dan kedisiplinan itu pasti,” tegasnya. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test