Pesta Perkemahan Penggalang SMPN 24 Purworejo, Latih Kemandirian Siswa

Pramuka SMPN 24
CAMP : Siswa SMPN 24 Purworejo mengikuti big camp akhir tahun pelajaran di halaman sekolah setempat.

KALIGESING- Sebanyak 283 siswa SMPN 24 Purworejo mengikuti agenda tahunan Pesta Perkemahan Penggalang akhir tahun pelajaran 2023/2024 yang diadakan di halaman sekolah setempat, Kamis-Jumat (20-21/6/2024). Tema yang diangkat tahun ini adalah Ceria Disiplin dan Peduli, Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan.

Ketua Gudep 05-049/05-50 SMPN 24 Purworejo, Siti Juwariyah mengungkapkan kegiatan big camp atau pesta perkemahan penggalang itu memang menjadi kegiatan wajib yang harus diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Tujuannya untuk melatih kemandirian bagi siswa.

“Banyak hal yang bisa dipetik melalui kegiatan ini. Selain disiplin juga mengajak anak untuk mampu mengelola waktu dengan baik,” kata Siti.

Dikatakan pemanfaatan waktu itu diperlukan karena banyaknya agenda yang harus diikuti. Ini masih menuntut anak untuk tetap bisa berlaku tertib dan bersih.

“Anak-anak juga diajari pentingnya bekerjasama dan bergotong royong untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing dan asisten,” tambahnya.

Adapun materi yang diberikan dalam perkemahan itu diantaranya terkait kenakalan remaja, peningkatan keimanan. Sedangkan di sisi ketangkasan, siswa diajak mengikuti halang rintang serta perlombaan bersifat kepramukaan seperti wide game.

Siti menyebutkan dalam perkemahan itu juga dilakukan pelantikan Asisten atau Dewan Penggalang. Untuk tahun ini ada 10 anak yang mengikuti pelantikan.

“Asisten atau Dewan Penggalang di SMPN 24 ini bukan hasil penunjukan, kita menerapkan seleksi alam,” tambahnya.

Anak direkrut melalui jalur peminatan, dimana ada 19 anak yang mendaftar. Dalam perjalanannya anak diharuskan mengikuti latihan rutin saban Sabtu dan Minggu. Mereka yang secara rutin mengikuti dan bisa menyerap latihan yang diberikan dinyatakan berhak menyandang status asisten.

“Jadi tiap tahun jumlah asisten itu tidak sama. Tergantung dari keseriusan anaknya,” jelas Siti.

Asisiten tersebut nantinya memiliki tugas menjadi tutor sejajar yang akan memberikan materi tentang kepramukaan kepada siswa yang lain.

“Dan saat ada lomba, anak-anak ini akan menjadi duta lomba karena secara teknis kepramukaan mereka ini sudah siap,” tambahnya.

SMPN 24 Purworejo sendiri selama ini memang menjadi langganan perlombaan Pramuka di Purworejo. Terakhir mereka baru saja memenangi lomba Pramuka Garuda untuk putra dan putri. Saat ini mereka bersiap untuk mewakili Purworejo di pentas Jawa Tengah.

Beberapa lomba lain yang dimenangi selama 2024 diantaranya Juara 1 Semaphore Putra, Juara 2 Semaphore Putri, juara 1 LCTP Putra dan Putri dan Juara 1 morse Putra. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test