Pandanrejo Segera Miliki DSETON UMKM Center, CSR dari Telkom

UMKM Center DSETON
PERTAMA: GM Telkom Witel Magelang Mustadi ST menuangkan adukan semen dalam groundbreaking UMKM Center DSETON di Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing.

KALIGESING-Telkom siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan potensi luar biasa yang dimiliki Desa Wisata Pandanrejo.

Hal itu disampaikan GM Telkom Witel Magelang Mustadi ST dalam acara groundbreaking UMKM Center DSETON Desa Wisata Binaan SRC (Social Responsibility Center) PT Telkom Indonesia Tbk di Balai Desa Pandanrejo Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Kamis (20/6/2024).

Tampak hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Disporapar Purworejo, pengelola Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan), Kepala Desa Pandanrejo Dwi Kristanto Sektyawan, Kakandatel & HERO Purworejo, serta Manager Share Service & General Support Telkom Witel Magelang.

“Kami berharap dengan berdirinya UMKM Center ini, dapat memberika dorongan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakatnya,” kata Mustadi. 

Mustadi menyebut pentingnya sinergi antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mewujudkan visi pengembangan desa wisata.

Dirinya menceritakan perolehan CSR Pandanrejo dari Telkom itu dimulai pada September 2023 dimana Telkom Witel Magelang memaparkan program unggulan desa binaan atau desa wisata yang merupakan program unggulan berbasis pemberdayaan masyarakat tentang Desa Wisata Pandanrejo.

“Backkgroundnya karena secara witel kita ingin memiliki lokasi binaan selain Balkondes Tuksongo, area penyangga Borobudur pun memerlukan perhatian lebih salah satunya area Kaligesing Purworejo ini,” tambah Mustadi.

Lebih jauh dikatakan pemilihan lokasi setelah ondesk dan onsite bersama team SRC Telkom dan Kakandatel Purworejo menunjukkan bahwa warga Pandanrejo sudah memiliki modal dasar penilaian SRC Corporate. Yakni terkait pemberdayaan warganya yang mau bergerak secara sukarela memajukan wisata sebagai lini penyangga ekonomi di Pandanrejo

“Hal lain yang juga menjadi pertimbangan adalah prestasi Pandanrejo yang berhasil menjadi Juara 2 Kategori Desa Wisata Rintisan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Juara 1 Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023 dan juara 2 Apresiasi Pokdarwis Purworejo 2023,” tambahnya.

Menurutnya, assesment yang dilakukan SRC corporate menunjukkan jika cukup banyak potensi yang bisa dikembangkan di Pandanrejo. Namun CDC memandang perlu adanya showcase produk-produk UMKM hasil produksi warga Pandanrejo sendiri yang lebih representatif.

“Penempatan showcase diarea ini amat strategis dan menjadi tangible dilokasi tersebut sehingga visitor dari luar desa mudah mengakses produk-produk tersebut dan menaikkan nilai jual produknya sendiri,” jelas Mustadi.

Sebagai simbolis dari dimulainya pembangunan, Mustadi turut meletakkan batu pertama untuk pondasi bangunan UMKM Center. Pembangunan ini diperkirakan akan selesai pada bulan Agustus mendatang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test