Peringati HUT ke-13, Republik Sepur Gelar Pameran Lukisan

republik sepur
LIHAT : Direktur PDAM Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo didampingi Presiden Republik Sepur Sigit Suntoro saat melihat lukisan yang dipamerkan dalam Kangen Art.

BANYUURIP-Puluhan pelukis dari Jawa dan Bali mengikuti pameran bertema Kangen Art yang diadakan Sanggar Republik Sepur (Ruang Ekspresi Publik Seniman Se-Purworejo).

Pameran ini sebagai peringatan keberadaan Republik Sepur yang ke-13 dan dilaksanakan di halaman Sanggar Republik Sepur yang berlokasi di Kelurahan Kledungkradenan, Kecamatan Banyuurip. Kegiatan berlangsung selama 6 hari, mulai Senin (24/6/2024) hingga Sabtu (29/6/2024) mendatang.

residen Sanggar Republik Sepur, Sigit Suntoro mengatakan selain agenda pameran lukisan, pihaknya juga mengadakan berbagai lomba diantaranya mewarnai, menggambar dan mural lalu lomba nyanyi anak-anak (kids idol).

“Dengan seperti ini saya juga mendukung untuk dunia pendidikan anak- anak utamanya di Purworejo, pada umumnya di Indonesia, supaya Purworejo bisa lebih dikenal,” kata Sigit Suntoro.

Tercatat ada 52 lukisan yang dipamerkan. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai hingga 100, karena saat ini berbarengan dengan pameran yang digelar disejumlah kota lain.

“Dan juga cuma hanya kirim karyanya, tidak bisa hadir orangnya, tapi partisipasi ada dan alhamdulillah kegiatan ini tetep bisa terselenggara dengan baik,” imbuh Sigit.

Direktur PDAM Tirta Perwitasari Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, mengatakan, dengan kegiatan itu diharapkan bisa menelorkan seniman- seniman yang handal, menghadirkan seni yang bertaraf nasional hingga internasional, sehingga bibit- bibit putra bangsa akan bisa berkembang jiwa seninya.

“Kegiatan ini sangat bagus, sekarang yang muda- muda juga banyak, cuma disini memang perlu dibackup, disuport, sehingga disitu ada kejelasan, kemudian dari anak- anak untuk menjadi dewasa juga terus bisa mengembangkan seninya, sehingga tidak kalah dengan daerah lain atau bahkan negara- negara lain. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan kondisi dinegara yang saat ini seperti ini, seni tidak mandek tapi terus berkembang, masyarakat juga antusias, sehingga seni menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purworejo, Wasit Diono, mengapresiasi dan menyampaikan selamat kepada Sanggar Republik Sepur yang berulang tahun ke- 13 ditahun 2024 ini.

“Dalam kesempatan ini kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan dirgahayu ulang tahun ke- 13 Republik Sepur ini. Pada kesempatan ini, diusia yang ke-13 tahun, saya percaya bahwa Republik Sepur ini sebagai tempat atau kegiatan seniman- seniman sudah banyak membawa warna untuk Kabupaten Purworejo, saya yakin sumbangsih untuk Purworejo sudah cukup banyak. Semoga kedepan tetap terus berjaya, dan dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan, seperti lomba mewarnai, lomba menggambar dan lainya menjadi kegiatan yang positif untuk para siswa,” kata Wasit Diono.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test