Kandang Ayam di Kalikalong Dilalap Api, Kerugian Capai Rp 1,1 Miliar Lebih

Kebakaran Kalikalong
MERAH: Api melalap kandang milik Tulus Widodo di Desa Kalikalong Kecamatan Loano. (Foto : Satpol PP Damkar Purworejo)

LOANO-Kandang ayam di Dusun Sigunung 1 Kalikalong Rt 01/Rw 01 Desa Kalikalong , Loano dengan kapasitas 11.000 ekor hangus dilalap api, Rabu (26/6/2024). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir lebih dari Rp 1,1 miliar.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP & Damkar) Purworejo, Budi Wibowo mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 00.16 wib.

“Petugas menerima laporan pada pukul 00.18 dan langsung meluncur ke lokasi. Penanganan mulai pukul 00.35,” kata Budi Wibowo.

Dijelaskan Budi, petugas yang diturunkan adalah Regu B yang melaksanakan piket di Mako. Penanganan itu berdasarkan laporan dari Kades Kalikalong, Hendro.

“Kandang ayam itu milik dari bapak Tulus Widodo,” jelas Budi.

Luasnya kandang dan kandang dari bahan mudah terbakar menjadikan proses pemadaman berlangsung relatif lama. Apalagi lokasi kandang berada di jalan yang terjal dan sempit.

“Butuh waktu lebih dari dua jam untuk pemadam. Pukul 02.56 wib, api baru bisa dipadamkan,” imbuh Budi.

Tim Damkar Mako tidak bekerja sendirian, mereka dibantu Pos Kutoarjo dan Pos Purwodadi Bidang Pemadam Kebakaran,  Satpol PP Damkar Purworejo. Tercatat ada 5 Randis Damkar yang diturunkan.

“Kebakaran kandang itu diduga karena adanya gasolek atau pemanas yang jatuh ke sekam,” kata Kasatpol PP Damkar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test