Berumur Lebih 1 Abad, Durian Slumun Jadi Andalan Desa Kaligondang Pituruh

Kaligondang
LOKAL : Warga Kaligondang mengikuti pelatihan pembudidayaan durian slumun yang diadakan pemdes.

PITURUH-Durian unggul dari Desa Kaligondang Kecamatan Pituruh yang dinamakan durian slumun menjadi media utama Pelatihan Budidaya Tanaman Durian di Balai Desa Kaligondang.

Sebanyak 52 mengikuti pelatihan yang diadakan oleh BPP Kecamatan Pituruh tersebut dan dimaksudkan untuk pengembangan budidaya tanaman durian di desa tersebut.

Durian slumun sendiri selama ini dikenal durian unggul dari desa setempat dimana usia pohonnya sudah lebih dari 1 abad.

“Durian ini akan kami kembangkan dan perbanyak untuk menjadi ikon durian desa Kaligondang,” kata Kades Kaligondang, Sagiri, Kamis (27/7/2024).

Sagiri berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan ilmu yang bisa ditularkan kepada masyarakat sehingga kedepannya petani tidak perlu membeli bibit unggul durian dari daerah lain tapi dari hasil pembibitan sendiri.

“Letak georafis dan kesuburan tanah Desa Kaligondang sangat mendukung untuk mengembangkan budidaya tanaman durian, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuh Sagiri.

Koordinator Penyuluh (Korluh) BPP Pituruh, Tri Surahmi menyampaikan jika Penyuluh Pertanian akan selalu mensupport kegiatan pertanian yang ada di Desa Kaligondang terutama komoditas tanaman kopi dan durian sebagai komoditas unggulan dari Desa Kaligondang.

Anang Mustofa selaku narasumber dalam pemaparannya mengatakan dengan budidaya durian bisa mendukung Desa Kaligondang sebagai Desa Wisata Agropolitan.

“Di awali dengan pelatihan ini bisa menggerakkan warga untuk memanfaatkan pekarangan kosong tiap rumah untuk menanam durian,” kata Anang.

Menurut Anang, pengembangan harus dilakukan secara bersama-sama sehingga memungkinkan Desa Kaligondang menjadi Kampung Durian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test