PKK Mampu Gerakkan Pembangunan Berbasis Keluarga

pkk purworejo
SAMBUT : Bupati Yuli Hastuti memberikan sambutan dalam pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 dan Pelatihan Peningkatan Mutu Kader PKK Tahun 2024, di Pendopo Kabupaten Purworejo

PURWOREJO-Keberhasilan program keluarga berencana tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Demikian halnya yang ada di Kabupaten Purworejo.

“Tidak saja KB, tapi juga perilaku hidup bersih dan sehat, kelestarian lingkungan hidup, dan pemberdayaan ekonomi perempuan. PP juga telah menjalankan fungsinya dalam menggerakkan para kader dengan menjalin sinergitas bersama para stakeholders,” kata Bupati Yuli Hastuti saat mencanangkan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 dan Pelatihan Peningkatan Mutu Kader PKK Tahun 2024, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (28/6/2024).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Purworejo. Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala DPPPAPMD Laksana Sakti AP MSi, Kabag Prokopim Setda Anas Naryadi SH MM, Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Dra Erna Setyowati, dan unsur terkait lainnya.

Baca juga : Anggota DWP Purworejo Dilatih Menuju Ekonomi Produktif

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, PKK merupakan gerakan pembangunan berbasis keluarga, yang menjadi mitra pemerintah sekaligus pendamping bagi masyarakat dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Implementasi 10 Program Pokok PKK telah diintegrasikan dengan pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta percepatan penurunan stunting,” imbuh Bupati.

Menurutnya, HKG PKK menjadi momentum untuk memperkuat peran PKK, untuk senantiasa berperan serta dalam pembangunan melalui pemberdayaan keluarga. Sehingga Bupati mengajak untuk memaknai kegiatan ini sebagai momentum menguatkan tekad bersama setiap anggota PKK, dalam mendedikasikan pengabdian serta kiprahnya guna memajukan dan menyejahterakan keluarga.

“Saya berharap, TP PKK Kabupaten Purworejo dapat terus meningkatkan peran yang lebih signifikan dalam memajukan masyarakat, dan mewujudkan komitmen untuk bersama-sama mempercepat program-program TP PKK, serta berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Purworejo,” harapnya.

Sementara Erna Setyowati selaku Ketua TP PKK melaporkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan peranan TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis, dalam mendukung terlaksananya 10 Program Pokok PKK. Selain itu, juga sebagai forum koordinasi, konsultasi dan diskusi TP PKK dengan para kader di tingkat desa, serta salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kader PKK di Kabupaten Purworejo.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test