Didirikan Kelik Sumrahadi, HPG Peringati HUT Ke-50

hpg
HUT : Kepala Desa Grabag Wahyu Cahyono memberikan sambutan dalam malam puncak peringatan HUT-50 HPG.

GRABAG-Ulang tahun setengah abad keberadaan Taruna Himpunan Pemuda/i Grabag (HPG) dilakukan dengan menggelar sepeda santai yang diikuti ratusan warga, Sabtu (29/6/2024).

HPG sendiri merupakan paguyuban anak-anak muda di Desa/Kecamatan Grabag yang didirikan oleh Almarhum Kelik Sumrahadi. Dilakukan oleh Kelik pada tanggal 30 Juni 1974, saat itu Kelik yang pernah menjabat sebagai Bupati Purworejo itu, masih menjadi kepala desa setempat.

Kegiatan sepeda santai itu mengambil rute di dalam Desa Grabag, dengan start dan finish di Balai Desa, dalam kegiatan sepeda santai peserta yang beruntung mendapatkan doorprize utama sebuah sepeda. Undian doorprize dilaksanakan pada malam puncak tasyakuran yang digelar Sabtu malam di Balai Desa. Doorprize utama didapat seorang anak kecil bernama Sugeng.

“Sepeda santai ini merupakan puncak serangkaian acara HUT karang taruna HPG ke-50 tahun. Sepeda santai berkupon diundi pada malam berikutnya yang dibarengi acara tasyakuran. Selain doorprize utama sepeda, untuk doorprize lainya tidak kalah menarik karena ada magicom, kipas angin dan peralatan rumah tangga serta masih banyak lagi. Ternyata antusias warga pada saat mengikuti sepeda santai itu luar biasa karena terdapat sekitar seratus lebih pesertanya,” kata Ketua Karang Taruna HPG, Andry Setyawan, Minggu (30/6/2024).

Baca juga : Desa Paturejo Grabag Wakili Jawa Tengah Dalam Lomba TTG Nasional

Andry menambahkan selain sepeda santai juga diadakan perlombaan seperti Sepak Bola, Voli putra/putri, tenis meja putra/putri, Adzan, MTQ putra/putri,dan Karaoke putra/putri yang diikuti seluruh warga.

“Sebulan sebelumnya kita mengadakan berbagai perlombaan dan pada malam puncak taysakuran pembagian hadiah-hadiah untuk perlomban itu dan juga ada penampilan pentas seni. Selain itu juga ada penyerahan piala bergilir bagi RW yang menyumbang paling banyak warganya menang dalam mengikuti berbagai perlombaan. Momentum ini menjadi ajang silaturahmi seluruh warga sehingga kerukunan tetap terjaga,” ungkapnya.

Andry berharap para pemuda karang taruna HPG untuk tetap semangat membangun kemajuan desanya, karena dengan adanya pemuda yang bergerak dan berdampak positif itu akan membuat desa lebih maju.

“Makannya kita mengambil tema HPG Jaya Untuk Desa Grabag Maju,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Grabag, Wahyu Cahyono menyampaikan, bahwa pihaknya selalu mensuport kegiatan karang taruna HPG. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk nyata akan hadirnya karang taruna pemuda desa Grabag ditengah masyarakat dan ini merupakan bukti bahwa karang taruna ikut berperan aktif dalam Pemdes.

“Pemdes Grabag akan terus mensuport setiap kegiatan karang taruna HPG demi kemajuan Desanya,” kata Wahyu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test