Diketuai Kapolres, Bulan Dana PMI 2024 Ditarget Himpun Rp1,2 Miliar

Bulan dana pmi
KUKUH : Bupati Yuli Hastuti mengukuhkan Panitia Bulan Dana PMI yang diketuai Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo.

PURWOREJO-Dana yang terhimpun dari masyarakat dalam Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purworejo tahun 2024 ditargetkan mencapai Rp 1,2 miliar. Seluruh elemen masyarakat, pemerintah, maupun swasta diminta untuk mendukung pelaksanaannya mulai 1 Juli hingga 30 September 2024 mendatang.

Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo 2024 secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, Selasa (2/7).

Dalam kepanitiaan itu, Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo mendapat amanah untuk menjadi ketua. Pengukuhan dihadiri antara lain Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi, bersama jajaran Forkopimda, dan OPD terkait.

AKBP Eko Sunaryo dalam sambutannya usai pengukuhan menyampaikan siap menyukseskan Bulan Dana PMI kendati pihaknya sudah resmi mendapat surat mutasi dari Kapolda Jateng menjadi Kapolres Pemalang. Pihaknya juga telah meminta seluruh jajaran Polres Purworejo untuk mengerahkan tenaga untuk membantu Kapolres yang baru dalam menyukseskan bulan dana PMI.

“Kebetulan minggu lalu saya dapat mutasi menjadi Kapolres Pemalang, tapi kegiatan ini harus tetap runing terus nanti dilanjutkan oleh Kapolres yang baru. Saya berharap teman-teman panitia bisa bekerja secara optimal. Harapannya bisa melebihi target yang sudah ditetapkan,” katanya.

Pihaknya juga mengingatkan bahwa dalam beberapa bulan ke depan akan padat kegiatan kemasyarakatan. Karena itu, panitia harus pandai-pandai mengatur srategi dalam menghimpun iuran dari masyarakat.

“Terutama bulan-bulan Agustus banyak kegiatan, masyarakat banyak iuran juga sehingga bagaimana panitia bisa menerapkan strategi,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan Bulan Dana PMI bertujuan mengajak masyarakat untuk dapat membantu meringankan beban masyarakat lain yang membutuhkan, dengan cara mengumpulkan atau menyisihkan sebagian hartanya ke PMI melalui kegiatan Bulan Dana PMI yang diadakan setiap tahun.

Sampai saat ini, kegiatan Bulan Dana PMI di Purworejo masih merupakan usaha dana yang diandalkan oleh PMI. Pasalnya, walaupun PMI sudah berupaya menggali dana dari usaha-usaha lain, hasilnya belum memadai.

“Adapun target pendapatan tahun 2024 ini sebesar Rp1.200.000.000,” sebutnya.

Dijelaskan, pendapatan Bulan Dana PMI digunakan untuk kegiatan PMI secara keseluruhan, yang dituangkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja PMI yang diputuskan dalam Musyawarah Kerja PMI pada setiap awal tahun anggaran.

“Pemanfaatan dari hasil Bulan Dana PMI tersebut digunakan 10% disetorkan ke PMI Provinsi Jawa Tengah dan 90% untuk kegiatan PMI Kabupaten Purworejo. Antara lain untuk program pelayanan penangangan bencana, pelayanan kesehatan dan sosial, serta program-program lainnya,” jelasnya.

Bupati Yuli Hastuti dalam sambutannya menagaskan bahwa pada tahun ini target Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo sebesar Rp 1,2 miliar, mengingat kegiatan PMI yang semakin luas, serta standarisasi pelayanan Unit Pelayanan Darah yang dituntut semakin profesional sesuai Peraturan Kementrian Kesehatan.

“Angka ini bukanlah angka yang kecil, namun saya yakin dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, kita dapat mencapai target tersebut demi kemanusiaan. Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolres Purworejo, yang telah berkenan menjadi Ketua Bulan Dana PMI Tahun ini. Saya percaya di bawah kepemimpinan beliau, kegiatan Bulan Dana PMI akan berjalan dengan lancar dan sukses,” tegasnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo untuk turut serta mendukung dan mensukseskan Bulan Dana PMI ini.

“Mari kita bersama-sama berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, sehingga target yang telah ditetapkan dapat terpenuhi. Partisipasi kita semua sangat berarti untuk membantu sesama yang membutuhkan,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test