Partisipasi Perempuan dalam Politik Ciptakan Pendekatan Humanistik

POLITIK: Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, memberi sambutan pada kegiatan pendidikan politik bagi kaum perempuan dalam rangka mensukseskan Pilkada 2024.

PURWOREJO- Keterlibatan perempuan dalam politik mampu menciptakan pendekatan yang lebih humanistik. Hal ini karena perempuan merupakan individu dengan kepekaan emosional yang unik dan istimewa.

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, pada kegiatan pendidikan politik bagi kaum perempuan dalam rangka mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 di Pendopo Kecamatan Purworejo, Rabu (10/7/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Agus Widiyanto SIP MSi, Kabag Prokopim Setda Anas Naryadi SH MM, Forkopimcam Purworejo, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Purworejo, serta unsur terkait lainnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, pemenuhan hak-hak politik perempuan merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki kondisi kaum perempuan. Apalagi sampai saat ini, partisipasi perempuan di Indonesia dalam politik relatif masih rendah.

“Oleh karena itu, pendidikan politik akan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri yang diperlukan oleh kaum perempuan untuk terlibat dalam proses politik,” tandasnya.

Menurut Bupati, melalui pendidikan politik, perempuan dapat memahami hak-hak mereka, mempelajari bagaimana sistem politik bekerja, dan menjadi lebih memahami isu-isu penting yang mempengaruhi masyarakat.

Momentum Pilkada Serentak Tahun 2024 diharapkan dapat menggugah kesadaran kita bersama untuk lebih mendorong peningkatan peran perempuan.

“Populasi perempuan di Kabupaten Purworejo sebagai pemilih cukup besar, sehingga kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi kaum perempuan di Kabupaten Purworejo agar memiliki kesadaran berpartisipasi aktif dalam pilkada,” harapnya.

Selain itu, kaum perempuan diharapkan dapat berperan menjadi agen perubahan dalam masyarakat, termasuk melalui Pilkada. Bukan hanya sebagai pemilih, tetapi juga sebagai penggerak dan pendukung yang dapat membawa perubahan positif.

Sementara Agus Widiyanto, Kepala Bakesbangpol, mengapresiasi para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menambah partisipasi kaum perempuan dalam momentum pilkada serentak tahun 2024 dengan mengajak sanak saudara ke TPS setempat.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test