Warga Donorejo Diajak Berperan Aktif Kelola Kawasan Wisata Taman Goa Seplawan

PEMBERDAYAAN: Warga Desa Donorejo mengikui kegiatan pemberdayaan pengelolaan kawasan wisata Taman Goa Seplawan.

KALIGESING- Taman Goa Seplawan di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo menjadi salah satu kawasan strategis pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Meski demikian, tingkat kunjungan wisatawan terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sejumlah upaya dilakukan pihak terkait untuk mengatasi permasalah ini.

Salah satunya dilakukan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat setempat dalam pengelolaan kawasan wisata tersebut yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Selasa (09/07/2024).

Kegiatan yang dipusatkan di kawasan wisata Taman Goa Seplawan ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari kepala desa, tokoh masyarakat, pelaku wisata dan UMKM di Desa Donorejo.

“Kita sampaikan bahwa kami pengelolaan kawasan wiasata ini butuh dukungan penuh dan peran aktif dari segenap masyarakat di Desa Donorejo,” ungkap Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Disporapar Jateng, Aria Chandra.

Disampaikan, kawasan destinasi wisata Taman Goa Seplawan telah dibangun berbagai fasilitas pendukung. Diantaranya gardu pandang, tanda batas wilayah Jateng-DIY, replika patung Siwa dan Parwati, pendopo, toilet, Turis Informasi Centre (TIC) dan penataan lanskip taman.

Tahun 2024 ini, sejumlah fasilitas baru yang saat ini sedang digarap antara lain berupa rambu-rambu mitigasi bencana, pedestrian atau jalur pejalan kaki, radio repeater dan sejumlah gazebo, dengan anggaran senilai Rp 1,4 miliyar.

Dengan dibangunya berbagai fasilitas di lokasi Taman Goa Seplawan diharapkan bisa menjadi multiplier effect atau efek berganda bagi warga masyarakat sekitar.

“Dari itu kita coba berikan pembekalan dan pemahaman kepada warga, terkait dengan bagaimana nanti akan mengembangkan Industrial Tourism World (ITW) disini,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Aria, di lokasi destinasi wisata Taman Goa Seplawan dalam pengelolaanya dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Purworejo. Namun demikian juga ada aset yang dibangun oleh Pemprov Jawa Tengah, yaitu berupa pembangunan gardu pandang dan segala fasilitasnya.

“Seplawan ini dulu yang pernah jaya, tapi makin kesini kok semakin sepi, ini kemudian menjadi alasan kami untuk bagaimana lebih meningkatkan Industrial Tourism World di Seplawan ini. Kita akan coba bersinergi dan tentunya melibatkan seluruh lapisan masyarakat terutama di Desa Donorejo,” jelasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test