Belajar Angkat Potensi Wisata Desa, Pengelola Desa Wisata diajak Kunjungi Grogol Sleman

desa wisata
WISATA : Pengelola desa wisata di Purworejo mendapatkan paparan mengenai sistem pengembangan desa wisata Grogol di Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, DIY

PURWOREJO-Pengelolaan Desa Wisata Grogol yang berada di Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, DIY menjadi bahan pembelajaran peserta pelatihan pengelolaan desa wisata di Kabupaten Purworejo, Kamis (11/7/2024).

Mereka terdiri dari 40 peserta yang merupakan perwakilan dari 17 desa wisata yang ada di Kabupaten Purworejo. Sebelumnya, peserta ini mendapatkan banyak bekal ilmu dan pengetahuan untuk pengembangan potensi wisata yang ada di desanya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purworejo, Agung Pranoto mengatakan kunjungan ke desa wisata di luar daerah merupakan bagian dari pelatihan yang diadakan Dinporapar Purworejo tersebut.

“Desa wisata Grogol yang dikunjungi ini menarik karena berbasis alam. Ini kondisinya mirip dengan potensi yang dimiliki oleh desa-desa wisata di Kabupaten Purworejo,” kata Agung Pranoto.

Baca juga : Purworejo Akan Semakin Seksi, Pengelola Desa Wisata Diminta Bisa Tangkap Peluang

Dikatakan, perjuangan pengembangan Grogol yang dimotori Bugiman itu juga luar biasa. Dimana pada awal keberadaanya di tahun 2011 itu sangat diremehkan oleh masyarakat. Bahkan saat konsep itu dibawa ke forum desa, yang diperoleh juga ditertawakan.

“Dari yang disampaikan pengelola, pengembangan itu dilakukan dengan kesabaran. Perlahan tapi pasti mulai ada beberapa spot dan sarana pendukung desa wisata,” imbuh Agung.

Buah dari kesabaran itu, saat ini sudah tampak nyata. Masyarakat bisa merasakan manfaat akan keberadaan Desa Wisata Grogol. Tidak saja memberikan kesejahteraan bagi warga yang turut terlibat dalam pengelolaan, namun juga mengimbas kepada pembangunan bagipedukuhan dan desa.

“Kita harapkan para pengelola desa wisata dari Purworejo yang turut dalam kegiatan kunjungan ini bisa melihat secara langsung dan menggali informasi sebanyak-banyaknya dari pengelola,” harap Agung.

Dirinya berharap kesempatan emas belajar langsung dari sumbernya itu akan memberikan banyak inspirasi dan semangat bagi pengelola wisata di Purworejo untuk tekun dan serius dalam pengembangan potensi yang dimiliki wilayahnya.

“Perjalanan Desa Wisata Grogol ini seperti yang disampaikan Pak Kadin (Dinporapar Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho,red) dimana untuk keberhasilan sebuah desa wisata itu diperlukan sosok yang gila, gelem dipaido dan berani tampil di depan menghadapi para pahlawan kesiagan saat perjuangannya berhasil,” kata Agung Pranoto.

Selain berkesempatan menimba ilmu dari pengelola, peserta pelatihan itu juga dikenalkan dengan paket wisata yang ada di Grogol Sleman tersebut. Diantarnaya paket wisata jemparingan/panahan serta paket wisata pembuatan wayang suket. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test